Bundel Soal Gamais (BSG)

“Awal pertemuan saya dengan BSG adalah ketika saya tergoda class agent yang handal di kelas saya. Buku bersampul kung fu panda itu kemudian menjadi teman saya semasa UTS dan UAS”.

Kalimat itu muncul dari Anzilia Rizka Yunita (19), yang saat ini memasuki semester ketujuhnya di ITB, ketika ditanya soal pengalamannya dengan BSG semasa TPB (Tahap Persiapan Bersama). Mahasiswa program studi Sains dan Teknologi Farmasi ini dan 3000-an teman seangkatannya saat itu masuk ITB pada saat Gamais merilis BSG edisi Kung Fu Panda tahun 2008.

Bundel Soal Gamais adalah sebuah buku berisi soal dan pembahasan UTS serta UAS selama 5 tahun terakhir pada mata kuliah Kalkulus, Kimia, juga Fisika. Buku ini cukup memberi gambaran jelas tentang tipe dan tingkat kesulitan soal ujian di TPB. Buku ini juga menjadi alternative persiapan mahasiswa TPB menghadapi UTS dan UAS. BSG merupakan salah satu instrument penting untuk memudahkan mahasiswa tahun pertama meraih IP di atas 3,5. Untuk beberapa kasus BSG juga berguna untuk menghindari mengulang 3 mata kuliah tersebut. Perlu diketahui sebuah lembaga tutorial mahasiswa TPB pernah mengumumkan bahwa 90% kasus drop out terjadi semasa di TPB dan beberapa diantaranya disebabkan gagal lulus mata kuliah TPB seperti Kalkulus, Fisika, dan Kimia. Jadi keberadaaan buku ini diharapkan juga bisa mengurangi jumlah mahasiswa yang DO semasa TPB.

Ternyata bundel soal ini adalah hasil perjuangan selama beberapa tahun sebelumnya. Dimulai pada tahun 2002, dengan kualitas pembahasan dan tampilan dari bundel seadanya. Proses pembuatannya sangat sederhana. Proses produksinya dimulai dengan mengumpulkan soal-soal dari tahun sebelumnya kemudian penyusunan pembahasan oleh tim khusus lalu naik cetak. Sejak pertama peluncurannya sampai sekarang Bundel Soal Gamais telah mengalami beberapa perkembangan antara lain jumlah soal ujian yang semakin banyak, kualitas pembahasan yang semakin baik, serta fitur-fitur tambahan yang diberikan kepada pembeli BSG. Proses pencetakan berlangsung sampai dengan kurang lebih 1 bulan dan biasanya 80% BSG habis terjual dalam 10 hari saja.

BSG selalu menjadi program andalan Gamais karena memberi manfaat yang nyata. Bagi Gamais sendiri BSG ini merupakan salah satu tool untuk syiar islam pada umumnya, ditambah dengan adanya  selipan-selipan tausiyah yang menyegarkan di dalamnya dan pada khususnya sebagai bentuk pelayanan Gamais terhadap mahasiswa baru.

Catatan:

Meski BSG memberi banyak manfaat dalam persiapan ujian tetapi BSG tetap hanya merupakan suplemen dari kuliah yang diberikan di kelas.

 

Karena Kita Keluarga